Home / Opini / Bersatulah dan Jangan Bercerai Berai

Bersatulah dan Jangan Bercerai Berai

Islam adalah agama perdamaian…

Karena Islam adalah agama yang membawa perdamaian, maka para musuh Islam berusaha menghancurkan kepercayaan ini, dengan berbagai cara yang menimbulkan prasangka dan kesalahfahaman antar umat beragama dan merusak keharmonisan.

Banyak non muslim bahkan muslim sendiri mempertanyakan kesan Islam saat ini di lingkup nasional maupun internasional. Kini islam seakan pembawa kekerasan. Isu Konflik Palestina-Israel, pembantaian ras (genocide) di Myanmar, teroris, jihad mengatasnamakan agama, isu radikalisme.  Media internasional sekalipun mengasumsikan masyarakat muslim sebagai teroris.

Isu-isu sensitive ini membuat sebagian besar orang mulai mempertanyakan, dimakah letak perdamaian dalam Islam?

Asumsi Islam sebagai teroris ini harus benar-benar diluruskan. Islam sebagai agama memang tak pernah salah dan cacat sekalipun, karena Islam merupakan agama yang sempurna. Tetapi kita sebagai penganut agama Islam yang banyak memiliki kekurangan dalam menjalankan perintah dan laranganNya harus bekerja sama membangun tekad kuat melawan para musuh Islam yang membuat Islam dianggap sebagai pembawa kekerasan.

Sejarah dunia pernah mencatat George Washington sempat dicap teroris oleh Inggris namun kemudian Ia bisa menjadi Presiden AS. Orang-orang Putih Afrika pernah mencap Nelson Mandela sebagai teroris nomor satu namun ia bisa meraih Nobel Perdamaian dan menjadi Presiden di Afrika Selatan.

Bayangkan, George Washington dan Nelson Mandela hanyalah seorang individu yang berjuang menghapus judgement dan membuktikan kepada dunia bahwa mereka bukanlah seorang teroris. Mereka bisa keluar dari judgement tersebut. Lalu jika Islam yang dituduh sebagai pembawa kekerasan, bukan hal yang mustahil jika muslim dapat bersatu, kita bisa meyakinkan kembali kepada dunia bahwa Islam adalah agama perdamaian.

Kucinya adalah BERSATU jangan sampai bercerai berai.

Allah SWT berfirman :

وَاعْتَصِمُوا بِحَبْلِ اللهِ جَمِيعًا وَلاَ تَفَرَّقُوا وَاذْكُرُوا نِعْمَتَ اللهِ عَلَيْكُمْ إِذْ كُنتُمْ أَعْدَآءً فَأَلَّفَ بَيْنَ قُلُوبِكُمْ فَأَصْبَحْتُم بِنِعْمَتِهِ إِخْوَانًا

Dan berpeganglah kamu semuanya kepada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai-berai, dan ingatlah akan nikmat Allah kepadamu ketika dahulu (masa Jahiliyah) bermusuh-musuhan, maka Allah mempersatukan hatimu, lalu menjadilah kamu karena nikmat Allah orang-orang  yang bersaudara. (QS Ali Imran:103)

 

 

 

Facebook Comments

About Azka Nurul Kamilah

Check Also

Kisah Ahli Ibadah bulan Dzulhijjah yang Diziarahi Rasulullah dan Para Sahabat

“Sebab aku memprioritaskan ridha Allah dibanding ridha diriku sendiri dan aku berpuasa pada 10 hari …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Watch Dragon ball super