Berita

2017 BNPT akan Cetak Duta Damai Angkatan Kedua

Written by Irsan Rasyad

Yogyakarta, Deputi 1 BNPT, Mayjen TNI Abdul Rahman Kadir mengatakan bahwa di tahun 2017 akan membentuk kembali duta damai dunia maya tahun 2017 yang akan dibentuk di 7 kota di Indonesia. Bandung akan menjadi wilayah pertama untuk mencetak duta damai dunia maya angkatan kedua pada bulan april mendatang.

Maraknya paham radikalisme di dunia maya dibutuhkan kader yang bersinergi dengan BNPT untuk menanggulangi informasi radikal di dunia maya. Deputi 1 BNPT juga mengharapkan terbentuknya duta damai 2017 akan menambah komunitas penggiat dunia maya yang menyuarakan pesan damai.

Inisiatif BNPT membentuk kader duta damai melihat masifnya perkembangan paham radikal di dunia maya. Berita hoax belakangan ini menjadi pertimbangan Abdul Rahman Kadir selaku Deputi 1 BNPT untuk memperbanyak duta damai penggiat dunia maya.

Menurutnya kehadiran internet sebagai tumpuan menyebarkan dan menerima informasi masih minim, khususnya dalam hal literasi pada diri pengguna media internet. Pengguna cenderung mudah mempercayai informasi yang bersifat viral dan menganggap sebagai bentuk informasi fakta, hal ini karena munculnya budaya malas membaca.

Dengan terbentuknya Duta damai angkatan kedua ini, akan menjadi tempat edukatif pesan-pesan damai dan penangkal paham radikalisme yang marak di dunia maya.

Menurut Abdul Rahman Kadir, para pemuda memiliki potensi untuk menyuarakan pesan damai “kita penyuara damai cenderung lebih diam daripada mereka yang gencar menyuarakan hoax di dunia maya”. Tegas Abdul dalam acara Sarasehan BNPT pada 2/3/17 di Yogyakarta.

Duta damai dunia maya yang dipelopori oleh kalangan muda yang minat menyuarakan pesan damai ini, memiliki peran penting sebagai kader penggiat pro damai di dunia maya dan melawan paham radikal yang masif di internet.

Pada bulan november 2016, duta damai dari 4 kota besar di Indonesia yang terdiri dari 8 kelompok telah berhasil terseleksi oleh Pusat Media Damai (PMD), aktif berperan menyebarluaskan pesan damai, baik dalam karya tulis, meme, kegiatan sosial maupun video singkat.

Kelompok yang terpilih mengikuti pelatihan lanjutan di Bogor, jawa barat. Kemudian diakhir sesi acara tersebut, para duta damai dilantik secara resmi sebagai duta damai yang memiliki peran pembantu kerja Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dalam melakukan pencegahan paham radikal terorisme di dunia maya.

Facebook Comments

About the author

Irsan Rasyad

Mahasiswa aktif dalam Pendidikan Sarjana S1 Program Studi Digital Communication, Surya University Tangerang, Banten. Alumni Pondok Pesantren Annur Azzubaidi, Konawe Sulawesi Tenggara ini juga aktif sebagai anggota Duta Damai Dunia Maya BNPT untuk regional Jakarta.

Leave a Comment