Home / Berita / Untuk Tuntaskan Hoax, Polri Lakukan Cyber Patrol

Untuk Tuntaskan Hoax, Polri Lakukan Cyber Patrol

Jakarta – Polri terus menelusuri beberapa situs atau pihak yang menyebarkan berita hoax di internet. Tindakan tegas menanti bagi mereka yang terbukti melakukan hal tersebut.

Divisi Humas Markas Besar Polri Komisaris Besar Rikwanto mengatakan bahwa Cyber Patrol dilakukan untuk mengantisipasi kampanye hitam dan negatif melalui media sosial. Rikwanto menambahkan Cyber Patrol akan diperkuat dengan intelijen media. Dengan intelijen, kata Rikwanto, dapat melihat proporsi pemberitaan, kepopuleran, tokoh, motivasi, dan arah ujaran.

Cyber Patrol kami sudah canggih. Di Mabes Polri dan Polda Metro sudah ada. Kami gunakan untuk counter opini. Prinsipnya Polda dan Mabes siap mengawal Pilkada agar tidak terjadi hatespeech berlebihan dan ricuh”

Direktur Eksekutif Indobarometer, M. Qodari menilai penggunaan media sosial pada 2017 mengalami peningkatan signifikan. Menurut dia, terjadi transformasi media sosial menjadi media asosial. Bahkan menjadi media antisosial.

“Untuk kasus hate speech, kita harus tindak tegas. Dari kepolisian itu melakukan Cyber Patrol, kalau memang ada kasus yang perlu ditelusuri, atau misalnya terkait radikalisme, kita juga harus koordinasikan ke Kemenkominfo,” jelas Divisi Humas Polri Kombes Awi Setiyono.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar pelaku penyebaran ujaran kebencian dan berita palsu alias hoax ditindak tegas dan keras. Menko Polhukam Wiranto berharap masyarakat lebih selektif, baik dalam menerima maupun menyebarkan berita.

“Namun di sisi lain, ada sesuatu yang cukup memprihatinkan, di mana kemajuan teknologi informasi ini kemudian disalahgunakan oleh beberapa pihak untuk melakukan kegiatan berupa penyesatan, pengelabuan. Kemudian juga di sana ada ujaran-ujaran yang tidak tepat, ujaran-ujaran kepada orang lain yang bisa menimbulkan kebencian, dendam, ada fitnah di sana,” kata Wiranto di Kantor Presiden, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat.

Facebook Comments

About Haydar Al Jufry

"Seorang yang sangat benci dengan gelap. Seorang yang berharap lentera-lentera dapat menyebar ke seluruh penjuru negeri, dan pupuskan kegelapan, Sehingga yang ada hanyalah Kedamaian, dan Cinta Kasih."

Check Also

Dr Dzakir Naik : Indonesia Adalah Negara Damai

Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Zulkifli Hasan menyambut dengan hangat kedatangan penceramah terkenal asal India, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Watch Dragon ball super