Opini

Tangkal Hoax Di Media Sosial Dengan Swasensor

 

Hasil gambar untuk hoax

Terkait maraknya konten hoax di media sosial akhir-akhir ini. masyarakat harus tetap waspada dan berhati-hati dalam menggunakan media sosial. Selain harus berhati-hati masyarakat juga perlu menggunakan cara “Swasensor”. Apa sih itu Swasensor? Swasensor merupakan bagian dari literasi media, di mana pengguna media sosial alias netizen harus selektif memilah mana informasi yang bohong dan yang benar.

Cara Swasensor diharapkan menjadi salah satu solusi untuk menangkal fenomena berita bohong alias ‘hoax’ di media sosial. Dalam menggunakan media sosial, netizen seharusnya memiliki filter untuk tidak langsung percaya terhadap informasi yang beredar di media sosial.

Netizen harus mempunyai sikap skeptis atau keingin tahuan yang tinggi, apakah informasi yang beredar tersebut merupakan informasi hoax atau informasi yang benar.

Selain itu masyarakat juga harus membandingkan informasi yang muncul dengan membandingkan pemberiraan dari sumber berita lain salah satunya berita yang dipublikasikan media arus utama. Sebab media arus utama dalam memberikan informasi tidak sembarangan dan mempunyai kode etik pertanggungjawaban.

Masyarakat juga perlu paham kalau informasi hoax di telan mentah-mentah sangat membahayakan, karena informasi yang tidak benar akan membuat kita terlihat bodoh. Semoga adanya “swasensor” masyarakat Indonesia khususnya pengguna media sosial, informasi-informasi hoax akan hilang. Dan media sosial pada akhirnya akan menjadi media sarana yang positif.

Facebook Comments

About the author

Syidik Sulistiyanto

Aktif sebagai Mahasiswa Program Studi Digital Communciation Surya University. Mencintai Indonesia dengan segala keindahannya dan keberagamannya.

Leave a Comment