Home / Berita / BNPT Sinergi dengan Instansi Pemerintahan

BNPT Sinergi dengan Instansi Pemerintahan

Jakarta. Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Menggandeng Kemkominfo, Staf Presiden dan Kemenko Polhukam dalam acara Sarasehan Pencegahan Propaganda Radikal Terorisme di Dunia Maya Bersama Instansi-Instansi Pemerintah, pada 16-17 Februari di Hotel Royal Kuningan, Jakarta.

Sarahsehan ini merupakan acara pertama yang digelar BNPT dengan Instansi-instansi Pemerintah. Acara ini dibentuk untuk menyatukan persepsi setiap instansi pemerintah terhadap isu radikal terorisme yang gencar belakangan ini.

Salah satu konten radikal yang dibahas oleh para pemateri ialah informasi bohong atau hoax. Menurut Kepala BNPT Komjen. Pol. Drs. Suhardi Alius dalam sambutan acara, maraknya hoax di dunia maya merupakan strategi baru para paham radikalisme untuk memoengaruhi opini masyarakat.

Tegasnya pengguna media sosial yang kurang kesadaran diri dalam menerima informasi, tidak adanya penyaringan informasi dan malas melakukan verivikasi informasi di dunia maya. Membuat rentan pengguna terpengaruh konten hoax.

Acara sarasehan membahas terkait masalah hoax yang belakangan ini marak terjadi di media sosial. Selain adanya pemaparan dari materi ahli dan pembukaan acara dilakukan oleh Wiranto selaku Mentri Polhukam. Adapula diskusi kelompok yang dilakukan oleh peserta dari instansi pemerintah.

Diskusi tersebut akan membedah pola radikalisme dalam bungkus berita hoax dan membangun sinergi lembaga kehumasan dalam menangkal berita dan konten hoax di media sosial.

Suhardi Alius mengharapkan adanya kolabirasi dalam penanganan propaganda radikal terorisme di dunia maya akan terbentuknya sinergi setiap instansi pemerintahan dalam mencegah konten radikal yang marak dijumpai di dunia maya.

Facebook Comments

About Irsan Rasyad

Mahasiswa aktif dalam Pendidikan Sarjana S1 Program Studi Digital Communication, Surya University Tangerang, Banten. Alumni Pondok Pesantren Annur Azzubaidi, Konawe Sulawesi Tenggara ini juga aktif sebagai anggota Duta Damai Dunia Maya BNPT untuk regional Jakarta.

Check Also

Dr Dzakir Naik : Indonesia Adalah Negara Damai

Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Zulkifli Hasan menyambut dengan hangat kedatangan penceramah terkenal asal India, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Watch Dragon ball super