Home / Opini / Ajaran Toleransi Mpu Tantular

Ajaran Toleransi Mpu Tantular

Menelisik kehidupan manusia itu penuh warna warni, perbedaan dikehidupannya memberikan arti bahwa manusia diajari untuk saling menghargai suatu perbedaan. Apakah perbedaan menandakan suatu perpecahan? Dan apakah yang namanya satu kesatuan tiada perbedaan di dalamnya?. Perbedaan itu akan selalu hadir walaupun dalam satu perkumpulan yang memiliki visi dan misi yang sama, kenapa? Karena perbedaan lumrah di kehidupan ini, bahkan dapat diartikan kurang kehidupan manusia tanpa perbedaan.

Ada beberapa perbedaan yang sensitif dikehidupan masyarakat di Indonesia, yakni Agama. Benar sekali sahabat… Kalau Agama memang selalu perbincangan yang tiada habisnya. Di Indonesia sendiri masalah agama sangat sensitif untuk di singgung, karena agama harus bebas tanpa ada pencegahan dari kelompok tertentu untuk melaksanakan kepercayaannya dengan rasa aman.

Disinilah kemerdekaan agama sangat diharapkan hadir di setiap individu masyarakat, sebab masyarakat yang beriman kepada tuhannya akan menjadikan agama sebagai pondasi dalam segala bentuk tindak-tanduk prilakunya. Penyair filosuf Majapahit Mpu Tantular sudah lebih awal mengajarkan rasa toleransi di Indonesia dan menjadi fondasi filosofis Kerajaan Besar Hindu Majapahit pada 1293-1520. Tertulis dalam frasa Bhinneka Tunggal Ika bermakna “sekalipun berbeda, tetap satu”. Yang saat ini telah digunakan sebagai sasanti dan motto nasional negara Indonesia.

Sang filsuf Mpu Tantular seorang penganut agama Budha menyuarakan kemerdekaan agama bagi semua masyarakat yang kala itu Indonesia dibawah kekuasaan Kerajaan Majapahit. Pastinya Mpu Tantular memahami bahwa untuk mempersatukan masyarakat yang beranekaragam ialah dengan menumbuhkan rasa tolerasi terhadap perbedaan. Menuntut paksaan untuk sama merupakan pelanggaran hak sebagai manusia.

Dalam kutipan Kakawin Sutasoma karya Tantular menungkapkan Bhinneka ditemukan dalam canto 139 bait 5, yang berisi bahwa Budha yang kesohor dan syiwa adalah dua hakekat yang berbeda. Menurut kepercayaan agama Budha kala itu memang keduanya berbeda, tetapi sama jenisnya, selayaknya tiada ada dualitas dalam kebenaran (dharma). (Lih. Soewito Santoso, Sutasoma, a Study in Old Javanese Wajrayana. New Delhi: International Academy of Culture, 1975).

Filsuf Mou Tantular merupakan sosok yang memilikk Doktrin Kebenaran Tunggal dalam agamanya yang membuka pintu baginya untuk memahami dan melihat masing-masing agama dari sisi yang berbeda. Hal ini juga akan mudah dilakukan oleh setiap warga negara beragama di Indonesia jika orang tersebut mempunyai hati terbuka untuk berbagi dengan orang lain. Kenyataan saat ini ialah banyak sikap yang memonopoli kebenaran menjadi halangan untuk berbagi dengan berbagai aliran keagamaan yang beranekaragam di Indonesia. Jika timbul kebencian sekelompok agama kepada agama lainnya, maka cukup dilihat dari sikap dirinya yang menghendaki menang sendiri.

Memamg bukan hal yang mudah bagi seorang penganut agama untuk memiliki sikap terbuka terhadap agama yang berbeda. Namun, bukan hal yang mustahil jika memiliki hati dan kesadaran diri bahwa perlunya menerima suatu perbedaan untuk menjaga saling mengormati sesama. Sudah saatnya para pemuda generasi muda jangan melupakan sejarah dulu, karena ajaranya merupakan kemurnian yang tiada habisnya. Seperti ajaran Mpu Tantular “Bhinneka Tunggal Ika” yang sejak lama disahkan sebagai Motto bangsa Indonesia. Namun, nilai tersebut tergerus dengan maraknya sekelompok pihak yang menolak perbedaan dan hanya menghendaki ego pribadi atau kelompok.

Facebook Comments

About Irsan Rasyad

Mahasiswa aktif dalam Pendidikan Sarjana S1 Program Studi Digital Communication, Surya University Tangerang, Banten. Alumni Pondok Pesantren Annur Azzubaidi, Konawe Sulawesi Tenggara ini juga aktif sebagai anggota Duta Damai Dunia Maya BNPT untuk regional Jakarta.

Check Also

Kisah Ahli Ibadah bulan Dzulhijjah yang Diziarahi Rasulullah dan Para Sahabat

“Sebab aku memprioritaskan ridha Allah dibanding ridha diriku sendiri dan aku berpuasa pada 10 hari …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Watch Dragon ball super