Home / Opini / Kenali dan Cegah Kejahatan Hoax

Kenali dan Cegah Kejahatan Hoax

Hai rekan Bunderan, kalian tentunya sudah menjadi bagian aktif sebagai pengguna media sosial. Bahkan dapat dikatakan sebagai kebutuhan sehari-hari untuk berkomunikasi, menyebarkan atau menerima informasi. Pastinya kalian punya berbagai akun di jenis media sosial yang ada atau memiliki 2 akun di satu media sosial yang sama. Pokoknya media sosial menjadi kebutuhan yang tidak bisa terlepas dalam kehidupan sehari-hari. Namun kehadirannya kini dipergunakan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab untuk menebar konten negatif, seperti informasi Hoax.

Benar sekali rekan Bunderan, kalau Hoax belakang ini menjadi pembicaraan hangat di media sosial, Hoax hadir untuk melesetkan peristiwa yang sedang terjadi di masyarakat yang bertujuan untuk melakukan adu domba atau memperparah masalah dimasyarakat dengan info hoax. Bahkan tidak tanggung lagi kalau hoax digunakan untuk menjatuhkan orang-orang tertentu dengan edaran fitnah yang kejam. Bisa dikatakan hoax menjadi strategi yang kini sering digunakan untuk membelokkan fenomena yang sedang terjadi dengan menggiring opini publik kepada info hoax yang dipublikasikan.

Sepertinya hoax menjadi virus yang meresahkan bagi kita pengguna media sosial. Betapa tidak, kalau kehadirannya suka memenuhi beranda kita melalui status teman kita di media sosial. Seperti yang dialami oleh penulis, sama sekali tidak pernah berteman dengan akun yang anonim atau tidak jelas keberadaan akun yang kerap membagikan informasi hoax. Tapi penulis sering menemukan info hoax dari teman facebook sendiri dan membagikannya melalui status media social miliknya seperti facebook. mirisnya dia menulis pesan di info hoax itu seakan membenarkan informasi tersebut. Setelah penulis melihat akun anonim dan sumber informasi tersebut, sama sekali tidak kredibilitas dengan isi konten yang sangat bombastis.

Sebenarnya apa yang sedang terjadi dengan media sosial kita saat ini? Informasi hoax begitu meresahkan pengguna media sosial. Lantas apa yang perlu kita lakukan sobat?. Pada dasarnya info hoax dapat kita cegah dengan cermat. Nah dalam penulisan kali ini, penulis akan berbagi tips yang aman untuk menghindarkan diri dari info Hoax saat bersosial media:

  1. Membaca artikel dengan cermat, jangan hanya membaca judul/sebagian artikel lalu mengambil kesimpulan.
  1. Seleksi dengan link yang hendak kita pilih, jangan asal pilih link yang ada di website, ini merupakan teknik hacking (fishing).
  1. Jangan pernah percaya dengan akun yang tidak jelas dan tidak memiliki aktifitas yang wajar, bisa jadi akun tersebut dibuat memang untuk menyebarkan hoax semata.
  1. Sebaiknya dalam hal informasi mengikuti akun media sosial yang terpercaya dan media yang independen atau tokoh ternama atau akun yang sudah kita percayai kredibilitasnya.
  1. Saat menemukan info Hoax dari akun yang anonim, sebaiknya jangan ajak debat yang mendorong kita untuk berkata-kata kurang baik. Sebab itulah tujuan mereka agar kita terbawa marah dan emosi.
  1. Kalau hendak menaggapi info Hoax maka kita perlu landasan pengetahuan yang kita kuasai, agar saat akun anonim atau penyebar hoax membalas argumen kita, dapat kita bantah dengan bijak. Jika sekadar tau info iti hoax, maka baiknya kita abaikan saja.

Kerabat Bunderan, 6 tips diatas mungkin bisa menjadi tameng kita agar terhindar dari informasi hoax yang beredar di media sosial. Dengan tips tersebut juga kita dapat mencegah diri dari pengaruh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab. Oh ya, satu lagi kerabat, jangan pernah takut untuk bersosial media saat melihat fenomena hoax begitu gencar di dunia maya. Yang perlu kita tingkatkan ialah kewaspadaan diri dari informasi hoax.

 

About Irsan Rasyad

Mahasiswa aktif dalam Pendidikan Sarjana S1 Program Studi Digital Communication, Surya University Tangerang, Banten. Alumni Pondok Pesantren Annur Azzubaidi, Konawe Sulawesi Tenggara ini juga aktif sebagai anggota Duta Damai Dunia Maya BNPT untuk regional Jakarta.

Check Also

Cegah Konten Radikalisme dan jadi Duta Damai dengan 3 Cara ini!

Kita Generasi Millennials adalah kader Duta Damai Indonesia. Dengan pengetahuan dan kreativitas yang dimiliki, kita …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Watch Dragon ball super