Home / Opini / Membangun dan Menjaga Etika di Dunia Maya

Membangun dan Menjaga Etika di Dunia Maya

Sebuah kalimat yang dibuat dengan kata “kamu bisa datang?” akan terasa berbeda rasanya dengan kata yang dibuat “KAMU BISA DATANG?”

Suatu ketika ada si A mengirim personal message kepada temannya si B untuk mempertanyakan apakah si B jadi berkunjung ke rumah si A untuk keperluan tertentu, dengan menyampaikan pertanyaa “KAMU BISA DATANG?”. Namun, sahabat Bunderan bisa membandingkan perbedaan kata yang ditulis “kamu bisa datang?” dengan “KAMU BISA DATANG?”. Nah, sahabat Bunderan pasti merasa kesal kalau pesan yang serupa dibuat dengan huruf kapital, seakan pesan tersebut menegaskan atau menekan, bahkan bisa diartikan si pengirim pesan terlihat kesal kepada kita.

Contoh diatas adalah salah satu contoh jika kita tidak pandai menjaga etika di dunia maya, tentunya akan terkesan negatif dipandangan orang lain. Masalah sepele seperti di atas, hanya menggunakan huruf kapital saat bertanya, tapi akan berkesan negatif kepada si penerima pesan, yang dianggapnya pengirim pesan terkesan memaksa.

Etika tidak hanya digunakan saat kita bertatap muka dengan orang tua, guru, orang dewasa dan teman kita. Namun, disaat di dunia maya pun etika itu masih berlaku, bahkan jika kita tidak bisa menjaga etika dalam dunia maya akan mudah di tandai sebagai individu negatif oleh masyarakat di dunia maya. Kenapa bisa ya? Sebab sejatinya masyarakat di Dunia maya juga sama seperti di dunia nyata, hanya saja masyarakat memanfaatkan teknologi sebagai media untuk terkases dengan internet. Namun, interaksi dan komunkasi hampir sama dengan dunia nyata, hanya saja di dunia maya menggunakan prantara media. Baca juga: Hoax = Pendusta di Dunia Maya

Kemudahan akan kases internet saat ini, memberikan kebebasan kepada pengguna internet untuk melakukan apa saja di dunia maya. Maka perlunya Etika yang mengatur setiap aktivitas dan interaksi pengguna di Internet. Etika dalam dunia maya disebut dengan Netiquette yakni etika dalam menggunakan internet. Internet sebagai media berkumpulnya komunitas, maka diperlukan aturan yang menjadi acuan setiap pengguna internet, dimana aturan yang mengikat tersebut terkait batasan dan cara terbaik dalam memanfaatkan media internet.

Ada beberapa hal yang teman Bunderan perlu tau, mengenai hal apa saja yang perlu kita perhatikan dalam etika di dunia maya, sebagai berikut:

  1. Berbagi informasi yang bermanfaat, bukan sebaliknya

Media internet dengan jumlah pengguna yang cukup tinggi memiliki dampak sosial di masyarakat. Maka sudah sewajarnya kita sebagai pengguna aktif selalu berbagi informasi bermanfaat, bukan sebagai sarana untuk mencapai kepentingan politik atau ideologi tertentu yang dapat melenturkan persatuan. Share informasi dapat berupa pendidikan, pengetahuan umum, dan lainnya yang sekiranya dapat menambah wawasan pengetahuan.

 

  1. Budayakan membaca sebelum berkomentar

nah sahabat Bunderan, yang satu ini sangat penting. Karena banyak saudara kita saat menerima postingan di sosial media atau tulisan di situs website berkomentar pedas tapi belum sepenuhnya membaca postingan atau tulisan yang harusnya dibaca. Sebab tidak ada budaya membaca sebelum komentar tersebut membuat seseorang mudah terpancing emosi, padahal isi postingan atau tulisan tersebut salah diartikan karena tidak dibaca sepenuhnya.

  1. Santun menanggapi isi konten di dunia maya

Perlu kita tau, sebenarnya di dunia maya tidak hanya orang-orang baik saja yang ingin berbagi informasi atau pihak yang memanfaatkan dunia maya untuk kepentingan bisnisnya. Namun, dibalik itu ada juga pihak yang memanfaatkan dunia maya untuk mencapai kepentingan politik atau ideologi tertentu dengan cara yang beragam, ada yang gencar menyebarluaskan informasi atau sengaja membuat isi konten yang provokatif. Nah, jika kita tidak santun dan dingin kepala menaggapi konten provokatif maka kita akan mudah terpengaruh. Dalam kondisi apapun menaggapi konten kita harus santun dan tetap merespon dengan baik walau konten berbau provokatif yang kita terima.

Masih banyak sahabat Bunderan cara santun yang perlu kita lakukan di Dunia Maya, intinya santun di Dunia Maya dapat kalian lakukan dengan hal positif pastinya, adanya etika di dunia maya akan menciptkan masyarakat cyber yang damai dan santun dalam memanfaatkan teknlogi informasi.

Facebook Comments

About Irsan Rasyad

Mahasiswa aktif dalam Pendidikan Sarjana S1 Program Studi Digital Communication, Surya University Tangerang, Banten. Alumni Pondok Pesantren Annur Azzubaidi, Konawe Sulawesi Tenggara ini juga aktif sebagai anggota Duta Damai Dunia Maya BNPT untuk regional Jakarta.

Check Also

Kisah Ahli Ibadah bulan Dzulhijjah yang Diziarahi Rasulullah dan Para Sahabat

“Sebab aku memprioritaskan ridha Allah dibanding ridha diriku sendiri dan aku berpuasa pada 10 hari …

48 comments

  1. No. 2 itu penting banget gan. Banyak orang salah sangka karna judul website, padahal dia blm baca isinya

  2. bener bgt nih walau di dumay kita hrus ttep sopan, soalnya banyak jg orang yang seenaknya di dumay mentang2 dia merasa tidak ada yg kenal.

  3. Membudayakan membaca itu tidak mudah gan yang notabene banyak blogger yang masih pelajar. Dia saja di sekolah masih enggan untuk sopan kepada guru ataupun dengan orang tuanya. Jadi kebanyakan masih asal saja kalau memberikan komentar tanpa melihat isi dari artikel.

    • Terima kasih telah mengunjungi web kami.
      Mari Berbagi Kebaikan di Dunia Maya

      Bunderan Duta Damai

    • Dominic isn’t that just another form of competition. If consumers don’t like the cap of how Comcast counts it they can go with another service, or they could if current FCC regulations didn’t suisbanttally limit the number of competitors in each market. This seems to me like another corporate fat cat CEO looking to congress to use the force of law to solve his problems instead of fixing it themselves by competing in the marketplace.

  4. perlu banget gan membangun etika karena nambah kesini orang banyak yang menyalah gunakannya

    • Benar sekali.
      Terima kasih telah mengunjungi web kami.
      Mari Berbagi Kebaikan di Dunia Maya

      Bunderan Duta Damai

      • delc1Mar9ezo Martinelli Tenho um logan 2008, até agora a unica coisa que nao gostei foi, ELE NAO TER O FILTRO DO AR CONDICIONADO E OS BOTOES DO VIDRO ELETRICO SEREM NO PAINEL. no mais to gostando do carro.

    • Sick Turbines, I don’t believe an en&2eenrg#8i17;s information is useless at all. There are some wonderful engineers who are trying to bring truth to this battle.But there are too many similar to the likes of as HGC, who seem to be working just as hard to suppress and cover up problems, smoothing the way for the destruction of habitat for all of us. Hey it’s a living right? Many are saying, not at my expense buddy.

  5. Kalau di dunia hacking :p, jangan pernah show off

    • bener gan, jangan show off ntar dikerjain ama Hacker hahaha

      Terima kasih telah mengunjungi web kami.
      Mari Berbagi Kebaikan di Dunia Maya

      Bunderan Duta Damai

  6. nomer 2 sering banget dilanggar ya om ?

  7. haha bener banget tuh om….emang sering banget dilakuin

    • Wow Ari!! She is fab!! Those are some of my favorite colors and I don't have them. Tee hee. She is ouitsandtng in every way. You sure get lucky in finding these beautiful women. Have a great Friday! Thanks for sharing.

  8. Hahahahahah No. 2 Bener banget, banyak orang2 kita yg suka tidak membudayakan membaca dulu sebelum berkomentar (dulu saya pernah begitu tp sekarang udah ngk hahaha)

  9. Intinnya kita mesti menggunakan internet dengan bijak jangan sampai merugikan orang lain.. OKee

  10. Ane juga risih gan kalo ada komen2 yg isinya ngejek2. Apalagi dgn bhasa yg kasar

  11. no. 1 bener banget tuh gan sekarang marak berita hoax gaje gitu kan ya…

  12. no.1 bener banget gan sekarang kan marak berita hoax dimedsos yak…

    • Just a quick note to say I have jonnyboy’s hon mention from last week as well.But coenndsriig the volume of articles that have gone on today – I’m holding off on it, another of mine, one from Marcela, and another hon mention from 50k.They will arrive either over the weekend or more likely next week.

  13. nah ini nih yg harus dimiliki etika oleh orang2 indonesia, pada seenaknya kalo komen2 kek di foto nya mark

  14. Betul, orang yang paling disukai yaitu orang yang ber etika

    • wah bijak sekali…
      setuju banget

      • Heureusement que nous sommes là car les autres ne sont pas trop bavards… pas moyen de savoir ce qu’il en pense ! Nous, au moins, on en redemande tjs et on s&srs17;inté8e#2e.

    • Hello Shane, please do not get yourself killed over your laptop. I know how much you paid for it and it’s really not worth your life.Also, post often – that would be really cos.oLaltly, is the whole college just that one building?

    • This awesome blog is no doubt enrnitateing and besides informative. I have chosen helluva helpful tips out of this blog. I’d love to come back again and again. Thanks a lot!

  15. Kalo sy mungkin…. lebih ke menghargai aja satu sama lain

  16. Setuju bro, banyak pengguna internet (dadakan) yg gak mau melengkapi diri mrk dg etika saat berinteraksi di dunia maya

  17. Semua pengguna internetbkayaknya harus belajar etika di sini

  18. Wah wajib baca nih semua orang

    • Fuck (undskyld jeg bander), hvor jeg føler med jer. Det er seriøst det værste, nÃ¥r ens barn er sygt. ØV!!! Bare lille MM snart bliver rask igen og slipper for mere vusutsegepegt. Sender positive og raske vibes. Knus til jer

  19. You’ve really helped me unntaserdd the issues. Thanks.

  20. hope the show checks out montreal and toronto. max and stacy would be amazed. these two ci;1#&82y7ts are essential. who could not come here?

  21. Hi all, here every person is sharing these know-how, thus it’s nice to read this web
    site, and I used to pay a visit this blog daily.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Watch Dragon ball super