Home / Opini / Dengan apa kita bisa berperan membangun bangsa?

Dengan apa kita bisa berperan membangun bangsa?

Sejauh ini pasti sahabat bunderan ada yang masih bertanya-tanya dengan apa kita bisa berperan membangun bangsa? Apakah harus mengabdi sepenuhnya kepada bangsa?. Tentu saja iya!. Tapi, perlu kita pahami bahwa mengabdi pada negeri bukan berarti seperti tentara yang mengabdikan diri dan nyawanya untuk mempertahankan bangsa. Namun, peran membangun bangsa itu dapat berawal dari apa jenis profesi dan pendidikan kita.

Seluruh warga Indonesia terpikat dengan segala bentuk peraturan yang tercantum dalam berbagai undang-undang yang mengatur, UU itu sendiri dibentuk oleh pemerintah dengan maksud agar seluruh masyarakat dapat melaksanakan kehidupan sebagai warga negara yang sesuai dengan harapan dan pencapaian yang dikehendaki oleh pemerintah. Masyarakat yang patuh dengan beragai peraturan yang berlaku, maka akan bersinergi dengan pemerintah untuk mencapai tujuan bersama. Namun, jika dari masyarakat mulai mengabaikan peraturan yang berlaku, maka jelas akan menghambat tujuan yang hendak dicapai oleh pemerintah, sebab antar masyarakat dan pemerintah tidak bersinergi.

Profesi dan pendidikan kita bukan menjadi penghambat untuk bisa membangun bangsa lebih baik, sebab pemerintah tentu saja tidak bisa berdiri sendiri dalam membangun bangsa. Perlunya sinergi antara pemerintah dengan masyarakat untuk mencapai kepentingan dan tujuan bersama.

Sahabat bunderan yang masih Seorang pelajar, mahasiswa atau sudah bekerja memiliki potensi besar untuk berperan memajukan bangsa. Misalnya, sahabat bunderan yang pelajar masih disibukkan dengan berbagai mata pelajaran yang diberikan oleh guru di sekolah dan kehidupan para pelajar didominasi dengan dua hal: belajar dan bermain. Tapi pelajar bisa mengukir hasil melalui prestasi di kelas atau bahkan sampai menjadi juara diberbagai lomba nasional maupun International.

Dengan prestasi tersebut, maka secara langsung telah membuktikan kepada bangsa bahwa ada seorang pelajar yang memiliki prestasi baik dalam belajarnya dan akan menjadi generasi muda masa depan yang cerdas. Kemudian, jika prestasi tersebut diraih hingga di lingkungan international, maka prestasi tersebut telah mengharumkan nama bangsa Indonesia di pandangan negara lain. Membuktikan pada dunia bahwa bangsa Indonesia juga memiliki sumber daya manusia yang berprestasi.

Nah, bagaimana sahabat Bunderan, sudah mendapat sedikit pencerahan mengenai peran kita itu dapat membangun bangsa. Yang penting saat ini ialah kita tetap fokus dengan apa profesi dan kesibukan kita, namun tidak lupa akan nilai-nilai kebangsaan bahwa kita sebagai seorang pemuda Indonesia merupakan generasi muda yang akan melanjutkan kelangsungan bangsa di masa depan.

 

 

Facebook Comments

About Irsan Rasyad

Mahasiswa aktif dalam Pendidikan Sarjana S1 Program Studi Digital Communication, Surya University Tangerang, Banten. Alumni Pondok Pesantren Annur Azzubaidi, Konawe Sulawesi Tenggara ini juga aktif sebagai anggota Duta Damai Dunia Maya BNPT untuk regional Jakarta.

Check Also

Kisah Ahli Ibadah bulan Dzulhijjah yang Diziarahi Rasulullah dan Para Sahabat

“Sebab aku memprioritaskan ridha Allah dibanding ridha diriku sendiri dan aku berpuasa pada 10 hari …

5 comments

  1. unik sekali gan baper bisa bangun bangsa 😀

  2. Betula apa yang disampaikan, cara terbaik membanguj bangsa adalah dengan memaksimalkan potensi dan profesi,,,

  3. Yaps. Masalah bangsa memang harus di pelajari sejak dini gan.

    Ya dari masih pemuda gitu
    .

  4. Amzanig would have been a good label. I have never seen a cat sleep like this. Love the pic of him beside the cat house. Cheers Kerrin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Watch Dragon ball super