Home / Opini / Indonesia Terlahir Dari Keberagaman

Indonesia Terlahir Dari Keberagaman

Hallo teman-teman Bunderan yang cantik dan yang super ganteng, masih semangat kan menjalin persaudaraan antar sesama anak bangsa. Kali ini Tim Bunderan akan memberikan tulisan mengenai pentingnya keberagaman loh. Negara Indonesia tidak terlepas dari yang namanya keberagaman. Dari sejak sebelum Indonesia merdeka semua masyarakat dari seluruh wilayah Indonesia bersatu padu memberikan yang terbaik supaya Indonesia merdeka. Dan karena merekalah kita hidup merdeka dan bebas penjajah. Oleh karenanya kita harus menjaga semangat persatuan dalam keberagaman ya kawan.

 

Namun,  saat ini kita sebagai masyarakat Indonesia sangat prihatin dan sedih dengan kejadian teror yang selalu mengatasnamakan agama bahkan hingga mengakibatkan kerusuhan, pembakaran rumah ibadah, pengeboman, sampai pelarangan untuk melakukan ibadah. Kejadian yang selalu mengatakan bahwa agama saya paling benar dan agama dia salah. Maka kamu harus mengikuti agama saya yang paling benar. Semua agama itu menurut tim bunderan menciptakan ajaran dan nilai-nilai kehidupan untuk membawa kebenaran dan perdamaian.

 

Nilai-nilai Agama tidak pernah mengajarkan yang namanya untuk mencela bahkan menjadi perusak. Bila ada yang seperti itu, mungkin karena oknum-oknum tertentu yang ingin memecah belah dan merusak kerukunan bangsa. Melihat konteks ini seharusnya kita sebagai warga negara Indonesia, kita harus berpatokan pada nilai-nilai sejarah dan leluhur bangsa Indonesia. Masyarakat Indonesia itu sedari dulu menjadi masyarakat yang paling multi etnis. Masyarakat yang paling toleran dan masyarakat yang selalu ingin berkumpul bersama. Bukan masyarakat yang pendendam, perusuh maupun perusak.

 

Masyarakat Indonesia adalah masyarakat yang mencintai keberagaman di tengah perbedaan-perbedaan. Kita semua terlahir dari berbagai macam perbedaan yang disatukan dengan adanya rasa ingin memiliki Indonesia. Rasa ingin hidup bersama di satu  bendera yang sama merah-putih. Di satu lagu kebangsaan yang sama Indonesia Raya. Melihat sejarah di tahun 1928 bagaimana pemuda dan rakyat Indonesia beserta tokoh-tokoh pergerakan Indonesia mendeklarasikan Sumpah Pemuda yang isinya mempunyai arti bahwa di tengah keberagaman dan perbedaan baik agama, suku, bahasa, dan budaya tetapi kita tetap satu, satu darah Indonesia yang lahir dari kandungan ibu pertiwi. Satu darah Indonesia yang ingin berjuang bersama menjadikan negara Indonesia merdeka.

 

Kita ini Indonesia yang harus menjadi satu jiwa, satu cinta, satu kebanggaan untuk kemajuan Indonesia. Bahkan setelah deklarasi sumpah pemuda, ada pedoman dan falsafah hidup bernegara yakni Pancasila. Di sila ketiga sangat jelas dengan bunyi Persatuan Indonesia. Persatuan yang harus kita jaga di bumi pertiwi. Persatuan yang tidak boleh runtuh hanya karena oknum-oknum yang ingin merusak kerukunan berbangsa dan bernegara. Persatuan Indonesia harus menjadi pondasi dalam diri kita bahwa Indonesia harus bersatu. Indonesia tidak boleh dirusak oleh orang-orang yang perusak dan perusuh. Persatuan Indonesia pada hakikatnya akan menciptakan suatu keberagaman yang kokoh yang akan selalu menghiasi sudut di wilayah Indonesia. Tak peduli apa pun agamamu, tak peduli apa pun suku mu, tak peduli apa pun warna kulit mu, tak peduli apa pun bahasa mu, yang paling utama adalah kita tetap menjadi satu Indonesia.

 

Sudah seharusnya kita bangga merayakan keberagaman dan persatuan, bahkan negara-negara lain memberikan apresiasi yang sangat besar karena keberagaman dan kedamaian di Indonesia. Semua negara di dunia melihat, negara Indonesia menjadi contoh negara dengan nilai tertinggi keberagaman. Apa kamu tidak bangga? Mari mulai dari sekarang dan sampai akhir hayat ini menutup mata kita selalu jaga Indonesia. Bila ada teman-teman mu yang masih ingin merusak nilai-nilai keberagaman dan persatuan sadarkanlah. Kita rangkul bersama dan kita merasakan keberaagaman dan kebahagiaan bersama di negeri Indonesia tercinta.

 

Facebook Comments

About Syidik Sulistiyanto

Aktif sebagai Mahasiswa Program Studi Digital Communciation Surya University. Mencintai Indonesia dengan segala keindahannya dan keberagamannya.

Check Also

Kisah Ahli Ibadah bulan Dzulhijjah yang Diziarahi Rasulullah dan Para Sahabat

“Sebab aku memprioritaskan ridha Allah dibanding ridha diriku sendiri dan aku berpuasa pada 10 hari …

One comment

  1. Wie denn? Alle für immer in die Tiefen der See abgereist?Das kann auch nur im Anagramm pa8e3sren&#s2i0; Liebe Grüsse dir und den stillen Lebenden.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Watch Dragon ball super