Home / Info Grafis / Cyber Bullying: Kekerasan di Dunia Maya

Cyber Bullying: Kekerasan di Dunia Maya

info_grafis_bully-01-011
Sumber: www.zetizen.com

Sahabat Bunderan sudah gak asing lagi kan dengan dunia alias dunia maya?

Cyber Bullying merupakan perilaku anti-sosial yang melecehkan ataupun merendahkan seseorang yang menjadi objek dan dilakukan di dunia maya. Kali ini Bunderan akan berbagi informasi, apa saja sih yang termasuk tindakan Cyber Bullying ? Yuk, kita simak!

1. Memberikan Komentar Buruk

Umumnya komentar yang diberikan bersifat menghina, mengancam, mempermalukan, hingga berkata kasar di kolom komentar terhadap berita si korban. Hal ini merupakan salah satu tindakan bullying yang tanpa kita sadari bisa berdampak pada psikologi si korban bahkan hingga kematian.

Kasus seorang siswi SMA di kota medan bisa kamu jadikan contoh. Ia mengaku sebagai anak jenderal polisi pada saat ditilang. Rekaman perdebatannya dengan polisi disebarkan oleh seseorang di internet. Sejak saat itu, pengguna internet terus menghina dan mempermalukannya. Akibat tekanan yang diterima, ayah dari remaja perempuan itu tidak kuat menerima tekanan tersebut, dan akhirnya meninggal akibat serangan jantung.

Beberapa selebritas juga sering menerima hinaan di akun media sosialnya. Yang lebih parah, banyak akun media sosial palsu yang sengaja dibuat untuk menghina seseorang. Kehidupan di dunia maya ternyata sama kerasnya dengan dunia nyata ya.

2. Menyebarkan Foto dan Informasi Pribadi Tanpa Izin Pemiliknya

Saat seseorang menjadi korban cyber bully, banyak netizen (pengguna Internet) yang langsung mencari informasi tentang si korban melalui akun pribadi si korban, selanjutnya mereka menyebarkan informasi pribadi dan foto-foto dari media sosial sang objek untuk jadi bahan bully-an baru. Duh! Mengerikan yah.

Nah, sahabat Bunderan sekadar informasi nih untuk kalian, menurut survei global yang diadakan oleh Latitude News, Indonesia merupakan negara dengan kasus bullyingtertinggi kedua di dunia setelah Jepang, di Indonesia hampir 74% kasus cyber bullyingpaling sering dilakukan lewat Facebook, dan 44% lewat media sosial lainnya. Dan hukum cyber bullying ternyata sudah diatur dalam Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) Bab XVI mengenai penghinaan dan pencemaran nama baik, khususnya Pasal 310 ayat (1) dan (2).

Alasan Kenapa Kita Dilarang Melakukan Cyber Bullying!

Selain merugikan si korban, cyber bully juga akan menerima dampak negatif tertentu. Inilah alasannya kenapa kita dilarang keras melakukan cyber bullying!

Sumber

Dampak Bagi Korban

Ada dua dampak yang akan diterima korban bully. Menurut seorang psikolog bernama Roslina Verauli, M.Psi, selain bisa mengganggu mental dan jiwa si korban, tidak menutup kemungkinan korban bully akan menjadi pem-bully juga. Hal ini tentu akan memperluas lingkar kekerasan yang terjadi di sebuah komunitas.

Dampak kedua, apabila si korban tidak bisa mengatasi gangguan yang menimpanya hal ini akan membuat diri korban menjadi depresi sehingga memicu untuk melakukan bunuh diri. Sedih ya 🙁

Dampak Bagi Pelaku

Karena sudah ada pasal yang diatur oleh pemerintah, pelaku cyber bullying bisa terjerat hukum pidana pengadilan, lho. Sahabat Bunderan pernah dengar, kan, tentang orang yang dipenjara karena tuduhan pencemaran nama baik?

Nah sahabat Bunderan, ternyata melakukan cyber bullying itu lebih berbahaya daripada yang terjadi secara fisik, karena tindakan ini terjadi selama 24 jam nonstop dan tanpa pengawasan siapapun. Gak mau kan fenomena cyber bullying terus berlanjut, yuk kita lawan dan hentikan! Lingkar kekerasan tidak akan pernah hilang jika tidak ada yang berani menghentikannya. Apakah kamu berani?

About Bunderan

--

Check Also

Info Grafik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Watch Dragon ball super