Home / Opini / Strategi Pemuda Indonesia Mencegah Terorisme

Strategi Pemuda Indonesia Mencegah Terorisme

whatsapp-image-2016-11-22-at-09-37-24Pemuda merupakan sosok yang sangat penting bagi bangsa Indonesia, lahirnya semangat menuju bangsa yang merdeka ialah berkat perjuangan dari para pemuda yang menghendaki negara bebas dari keterpurukan penjajahan. Peran pemuda telah banyak mengukir sejarah bagi indonesia, dari pemudalah bangsa ini tegak dan berhasil menjadi bangsa yang mandiri dan meraih kemerdekaan.

Strategi pemuda untuk memajukan bangsa sangat menetukan bagaimana bangsa ini kedepannya, dengan membentuk karakter pemuda yang cerdas dan berjiwa nasionalisme akan menjunjung kemajuan bangsa. Karena bangsa ini kedepannya ditentukan oleh generasi muda yang kini sedang menentukan jati dirinya. Begitu halnya strategi atau aksi pemuda dalam mencegah terorisme di indonesia.

Munculnya terorisme yang ada di Indonesia adalah berawal dari kekeliruan dalam memaknai perjuangan atas nama agama atau jihad. Pemuda merupakan sasaran pelaku teroris untuk menciptkan bibit-bibit yang siap disebarkan sebagai teroris. Pemuda yang terjerumus dalam konsepsi makna jihad yang dikonstruksi oleh pelaku teror, menjadikan pemuda memiliki perangai keras yang menolak kebangsaan. Munculah pemuda dengan aksi terornya yang sudah terjadi diberbagai wilayah di Indonesia, hampir peran pelaku aksi teror tersebut dilakukan oleh kalangan pemuda. Mengapa bisa? Karena pemuda dibentuk jati dirinya berjuang dalam kekeliruan makna jihad dengan memusuhi bangsanya sendiri.

Sudah saatnya pemuda di era ke-71 tahun indonesia merdeka berkontribusi sebagai pemuda yang cerdas dalam bidang keahliannya dan kesibukannya masing-masing sebagai warga negara yang baik, dengan tetap menjaga jiwa patriot sebagai pejuang yang memelihara nilai kebangsaan yang dulu diperjuangkan dengan nyawa para pahlawan bangsa. Bangsa ini yakin pemuda adalah sosok penentu bentuk bangsa ini kedepannya.

Walaupun bangsa ini terlahir dari keberagaman suku, bahasa dan agama. Namun semua dipersatukan dalam bangsa yang sama yakni Indonesia. Pemuda Indonesia juga harus menjadi sosok yang tangguh dan tangkas sebagai generasi pemberani untuk bangsanya. Seperti kata Panglima TNI Gatot Nurmantyo mengatakan “Pemuda dari daerah apapun, pemuda mengalir darah patriot yang tidak akan takut oleh siapaun”.

Pemuda sebagai pendobrak perubahan bangsa dibuktikan pada masa pemuda merebut kemerdekaan dari tangan penjajah. Para pahlawan daerah berjuang ratusan tahun belum bisa sepenuhnya merebut bangsa indonesia dari pengaruh penjajah. Sedangkan pemuda yang dipimpin oleh Budi Utomo yang menggerakkan anak muda pada tahun 1928, untuk serentak berjuang memperoleh kemerdekaan indonesia. Dibuktikan dengan hanya jangka waktu 17 tahun saja Indonesia dapat memproklamasikan kemerdekaannya kepada dunia, yakni tepatnya pada 17 agustus 1945.

Maka disaat pemuda dapat dibimbing untuk serentak menyadari bahwa terorisme dalam kehidupan nyata maupun di dunia maya adalah musuh bersama, yang perlu diperangi dengan paham ideologi yakni ideologi pancasila. Dengan kontribusi kalangan muda untuk menyebarkan pesan damai di dunia maya, maka telah berkontribusi untuk mencegah aksi terorisme di Indonesia, salah satunya di wilayah jakarta.

Dengan peran pemuda yang terus berkarya dan berkontribusi kepada bangsa, akan menuntun para pemuda untuk berperan sesuai dengan status atau identitas diri di lingkungannya. Serta menyadari bahwa aksi terorisme merupakan musuh bersama dan meyelamatkan warga negara dari paham radikalisme yang menyesatkan, baik secara agama mapun berbangsa.

 

 

Facebook Comments

About Irsan Rasyad

Mahasiswa aktif dalam Pendidikan Sarjana S1 Program Studi Digital Communication, Surya University Tangerang, Banten. Alumni Pondok Pesantren Annur Azzubaidi, Konawe Sulawesi Tenggara ini juga aktif sebagai anggota Duta Damai Dunia Maya BNPT untuk regional Jakarta.

Check Also

Kisah Ahli Ibadah bulan Dzulhijjah yang Diziarahi Rasulullah dan Para Sahabat

“Sebab aku memprioritaskan ridha Allah dibanding ridha diriku sendiri dan aku berpuasa pada 10 hari …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Watch Dragon ball super