Opini

Mengapa Harus Ada Duta Damai Dunia Maya?

Written by Azka Nurul Kamilah

 

2016-26-11-23-21-01

Banyak orang  yang berlomba-lomba untuk mendapatkan gelar sebagai seorang duta karena gelar tersebut dapat menjadi suatu kebanggaan tersendiri. Tetapi dibalik kebanggaan tersebut, seorang duta memiliki tugas dan tanggungjawab yang sangat besar. Seorang duta harus mampu menjalankan suatu misi yang telah diberikan kepadanya.

Lalu apa yang harus kita lakukan jika kita terpilih menjadi seorang duta damai dunia maya? Duta damai dunia maya adalah seseorang yang diutus untuk melaksanakan suatu misi yaitu menyebarkan pesan-pesan perdamaian melalui media sosial. Kemudahan dalam mempublikasikan berbagai konten di blogger, youtube, twitter, dan facebook seringkali dimanfaatkan oleh kelompok radikal untuk menyebarkan informasi radikalisme.

Kelompok radikal ini kian menjadi ancaman serius bagi pertahanan Indonesia karena tindakannya dapat mendoktrin umat untuk mengikuti paham radikalisme dan mengubah pola pikir pemuda Indonesia dengan pemahaman berjihad yang keliru juga merusak citra agama islam yang sebenarnya merupakan agama rahmatan lil ‘alamin.

Islam merupakan agama yang membawa rahmat dan  kesejahteraan bagi seluruh alam semesta, termasuk hewan, tumbuhan dan jin, apalagi manusia. Sesuai dengan firman Allah dalam Surat al-Anbiya ayat 107 yang bunyinya, “Dan tiadalah Kami mengutus kamu, melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi semesta alam”. Islam melarang manusia berlaku semena-mena terhadap makhluk Allah.

Seorang duta damai dunia maya wajib menyebarkan pesan kepada khalayak bahwa kita sebagai umat beragama harus menjadi rahmat bagi semesta alam. Menjadi pribadi yang dapat menciptakan dan membangun perdamaian. Indonesia dengan penduduk muslim terbanyak di dunia seharusnya memiliki peluang besar untuk menjadi negara indah, damai, dan beradab dibandingkan negara lainnya.

Peran seorang duta damai dunia maya salah satunya adalah memanfaatkan media sosial yang kini menjadi gerbang utama bagi umat untuk mendapatkan berbagai pengetahuan, berkomunikasi, menyebarkan gagasan, serta mempengaruhi khalayak secara masif. Duta damai menyebarkan pesan-pesan perdaiaman melaui berbagai konten berupa tulisan, video, grafis, foto, dsb untuk memerangi propaganda di dunia maya dan sebagai kontra propaganda terhadap kelompok radikal bebas.

Semakin banyak duta damai dunia maya, semakin cepat pula pesan-pesan perdamaian diterima oleh khalayak.

Mengapa perlu adanya seorang duta untuk menjalankan suatu misi? Mari kita belajar dari kisah nyata pada masa rasulullah.

Pada masa rasulullah ajaran agama islam mudah tersebar karena peran seorang duta islam yang diutus oleh nabi Muhammad SAW. Mush’ab bin ‘Umayr  adalah seorang duta islam pertama yang berhasil menjalankan suatu misi yang diberikan oleh rasul kepadanya. Dalam sejarah perkembangan Islam, ia adalah duta islam pertama  yang ditugasi Rasulullah ke Madinah untuk mengajarkan Al-Quran dan berbagai pengetahuan lain mengenai Islam kepada penduduk di sana.

Ia dikenal dengan sosok yang rupawan, kaya, cerdas dan memiliki akhlak yang baik. Selain itu beliau  seorang Syahid dan salah satu sahabat pemberani. Ia juga diberi gelar Safir al-islam’(Duta Islam), ‘Mush’ab al-Khoir’(Mush’ab yang yahi), ‘al-Qori ‘(tukang baca). Berkat kecerdasan, kesabaran, dan kebesaran jiwanya ia berhasil mengajak sebagian besar masyarakat kota itu untuk memeluk Islam.

Mush’ab  ikut serta dalam perang Badar dan Uhud di bawah komando Rasulullah SAW. Ia mati syahid dalam perang Uhud dan dikuburkan di dekat makam Hamzah, paman Nabi Muhammad SAW.

Untuk menjadi sorang duta damai, kita harus benar-benar berjuang sepenuh hati untuk menyelesaikan misi yang kita emban yaitu menciptakan perdamaian di dunia maya. Menjadi duta perdamaian dapat mendorong kita menjadi sosok yang khairunnas anfa’uhum linnas.

Duta Damai Dunia Maya: Satu Tekad untuk Indonesia Damai.

Facebook Comments

About the author

Azka Nurul Kamilah

103 Comments

Leave a Comment