Home / Opini / Yuk Terapkan Cerdas Belajar Agama di Internet

Yuk Terapkan Cerdas Belajar Agama di Internet

yuk-terapkan-cerdas-belajar-agama-internet
Perkembangan internet di dunia telah merubah cara hidup manusia, hadirnya internet membuat manusia dapat melakukan apapun yang sesuai dengan kebutuhannya. Seakan internet sudah menjadi suatu kebutuhan bagi manusia dalam kehidupannya, hal ini juga merambat pada diri individu yang cenderung menggunakan internet sebagai sarana belajar agama. Lalu bagaimana kita menyikapi hal tersebut?

Teknologi  yang semakin maju dan semua bentuk kehidupan manusia terbantu dengan hadirnya internet dan teknologinya, tentunya kita tidak bisa meninggalkan kehadiran teknologi yang semakin memudahkan kita dalam melakukan sesuatu. Salah satunya belajar agama melalui media internet, apakah menggunakan internet sebagai media pembelajaran agama itu salah?, tentunya bila kita cerdas menelaah masalah tersebut, kita sepakat bahwa belajar agama di internet tidak ada salahnya, namun dengan ketentuan dan pertimbangan yang baik.

Terkesan egois jika kita jika menolak belajar agama melalui media internet, sebab kini banyak ulama atau ahli agama menggunakan internet seperti webiste dan media sosial sebagai sarana dakwahnya. Namun, tidak bisa dipungkiri belajar agama di internet tidak hanya berhadapan dengan pemahaman agama yang kita percayai saja, melainkan media islam di internet atau media sosial yang mengumbar provokasi dan berusaha memecah belah persatuan umat islam, akan banyak kita jumpai.

Maka untuk menghadapi adanya hal negatif belajar agama di internet, kita harus pandai memilih dan menggunakan internet sebijak mungkin. Seperti hal yang dapat kita lakukan seperti dibawah ini:

  1. Memilih Tokoh Agama yang dipercayai

Memilih tokoh agama atau memilih guru yang menjadi pedoman agama di internet, hal ini sangat penting dan merupakan bentuk cara belajar agama melalui internet yang baik dan aman dari pemahaman agama yang radikal dan provokasi. Dengan adanya tokoh agama yang kita ikuti, kita akan mengetahui sumber ilmu yang kita peroleh serta metode belajar agama langsung dengan tokoh agama yang kita percayai.

Contoh: Majlis ilmu al-Bahjah Buya Yahya, ulama asal cirebon ini semua kajian ilmu beliau tersedia di berbagai media internet, seperti youtube, website dan berbagai media sosial. Sosok Buya Yahya merupakan Tokoh Agama islam ahlul Sunnahwaljamaah dan Tokoh pemukan agama yang bisa kita ikuti sanad keilmuannya

2. Memerhatikan Sumber Ilmu

Sumber ilmu atau asal usul ilmu itu sangat penting, karena dengannya kita akan megetahui asal muasal ilmu di internet dalam bentuk tulisan atau video itu berasal, sehingga ilmu yang kita resapin asalnya dapat dipertanggungjawabkan. Namun jika asal sumber juga berasal dari sumber akurat seperti al-quran dan hadits, tapi konten dan tafsiran al-quran dan haditsnya berbau radikal dan provokasi. Hal ini juga harus kita hindari karena maksud ilmu yang seperti itu bukan dilandasi sebagai ilmu pengetahuan, melainkan tujuan politik atau ideologi tertentu.

Dua hal diatas merupakan landasan dasar yang perlu kita terapkan saat hendak belajar agama melalui internet, sebagai salah satu cara untuk menghindari diri dari pemahaman ilmu agama di internet yang berujung radikal dan provokasi. Namun, hal yang paling baik untuk belajar agama di internet adalah memilih atau berpodaman kepada tokoh agama yang kita akui kredibilitas ajarannya, sehingga baik secara sanad keilmuannya. Pada dasarnya semua itu tergantung pada diri kita, bagaimana sikap bersikap belajar agama di internet yang baik dan benar. Pastiya belajar di internet itu hal yang positif, menggunakan sarana teknologi kepada hal yang bermanfaat.

 

 

 

About Irsan Rasyad

Mahasiswa aktif dalam Pendidikan Sarjana S1 Program Studi Digital Communication, Surya University Tangerang, Banten. Alumni Pondok Pesantren Annur Azzubaidi, Konawe Sulawesi Tenggara ini juga aktif sebagai anggota Duta Damai Dunia Maya BNPT untuk regional Jakarta.

Check Also

Cegah Konten Radikalisme dan jadi Duta Damai dengan 3 Cara ini!

Kita Generasi Millennials adalah kader Duta Damai Indonesia. Dengan pengetahuan dan kreativitas yang dimiliki, kita …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Watch Dragon ball super