Home / Opini / Pancasila Pondasi Pemersatu Bangsa

Pancasila Pondasi Pemersatu Bangsa

Sudah sejak lama gagasan pancasila menjadi landasan untuk pemersatu bangsa indonesia yang hidup dalam keanekaragaman. Para pengagas pancasila sangat memahami bagaimana kultur bangsa ini yang tidak mungkin diseragamkan, namun hanya bisa dipersatukan. Maka lahirlah pancasila untuk mempersatu keanekaragaman di masyarakat indonesia.

Tidak diragukan lagi pancasila sebagai dasar negara berhasil mempersatukan bangsa dari budaya dan kehidupan yang berbeda di setiap daerah. Dengan dibuktikan para pejuang bangsa pada zaman perjuangan yang berasal dari daerah yang berbeda memiliki tekad sama untuk kemerdekaan indonesia. Semangat keindonesiaan tersebut lahir karena adanya rasa nasionalisme yang kemudian tercantum dalam nilai pancasila yang mempersatu perbedaan dan menjunjung tinggi nilai kebangsaan.

Jika saat ini ditemukan kelompok yang mengatakan pancasila buah hasil dari pemahaman sekuler, jelas pernyataan tersebut tidak dapat dibenarkan. Walau sila pertama yang mengalami perubahan karena awalnya makna lebih spesifik ke satu ajaran islam, sejatinya perubahan tersebut bukan menolak nilai keislamanan, melainkan agar kesilaan pancasila dapat merangkul semua jenis perbedaan. Islam sendiri hadir dimuka bumi bukan untuk islam, tapi kahadirannya untuk rahmat bagi seluruh umat manusia.

Jika kita lihat berbagai konflik yang terjadi di timur tengah sekarang ini, sebab mereka tidak memiliki kekuatan pondasi dasar negara. Konflik timbul karena keegoisan politik dan nafsu perjuangan atas nama agama, yang mementingkan kelompok dan menolak kelompok yang bertentangan dengan pahamnya. Suatu negara yang memiliki pondasi dasar negara yang baik, tentunya mereka akan lebih memerhatikan keutuhan bangsa untuk kehidupan yang lebih baik. Seperti indonesia, pemupukan nilai-nilai pancasila sebagai dasar negara sudah diimplementasikan sejak sekolah taman kanak-kanak. Hal ini bertujuan agar pemahaman nilai kebangsaan sudah ada dan tertanam sejak dini.

Kini marak bermunculan bibit-bibit radikal di masyarakat indonesia, sebab kurangnya pemahaman kebangsaan pada diri masyarakat, karena tidak adanya penimbang yang baik antara nilai keagamaan sebagai kewajiban dengan nilai kebangsaan yang juga menjadi suatu keharusan. Sehingga bibit radikalisme telah menindih nilai kebangsaan yang seharusnya menjadi pedoman dalam hidup bernegara.

Bukan menjadi alasan nilai pancasila bukan berasal dari ajaran islam, tapi lahirnya pancasila termasuk buah dari pemikiran para cendikiawan dan pejuang islam. Mereka mengetahui apa yang perlu dilakukan untuk bangsanya. Terbuktilah pada saat ini, dikala gencarnya kelompok yang mengiginkan negara islam. Dengan hadrinya pancasila memberikan sadar kepada kita bahwa kita memiliki dasar negara pancasila sebagai pemersatu bangsa yang beranekaragam. Sehingga dikala pemikir-pemikir diluar keindonesiaan itu hadir, kita yang berjiwa nasionalisme tidak goyah sebab memiliki pondasi dasar negara yang utuh yakni pancasila.

Nilai keindonesiaan dan pengukuhan pancasila sebagai dasar negara, akan hadir dalam prinsip karakter kita jika semua itu diawali dengan kehadiran rasa nasionalisme diri. Nasionalisme memberi peluang untuk kita agar diri ini lebih condong dan mencintai kebangsaan yang selaras dengan kecintaan kita terhadap lainnya, seperti budaya, suku, dan agama. Nasionalisme sama sekali tidak mengikis nilai kepercayaan yang ada pada diri kita, justru nasionalisme mengajarkan kita untuk tidak melupakan kesatuan bahwa kita hidup dalam keanekaragaman yang perlu bersatu. Sudah saatnya kita sadar bahwa kita hidup dalam keanekaragaman yang memerlukan alat untuk pemersatu yakni dengan Pancasila sebagai dasar negara.

Facebook Comments

About Irsan Rasyad

Mahasiswa aktif dalam Pendidikan Sarjana S1 Program Studi Digital Communication, Surya University Tangerang, Banten. Alumni Pondok Pesantren Annur Azzubaidi, Konawe Sulawesi Tenggara ini juga aktif sebagai anggota Duta Damai Dunia Maya BNPT untuk regional Jakarta.

Check Also

Bersatulah dan Jangan Bercerai Berai

Islam adalah agama perdamaian‚Ķ Karena Islam adalah agama yang membawa perdamaian, maka para musuh Islam …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Watch Dragon ball super