Home / Opini / Life & Love / Revitalisasi Kearifan Lokal Perkuat Karakter Bangsa

Revitalisasi Kearifan Lokal Perkuat Karakter Bangsa

4f2db917976383.562c1b49d438b

Pembangunan karakter bangsa merupakan hal yang sangat penting karena berhubungan dengan proses mewarisi warga negara tentang konsep, perilaku, dan nilai luhur budaya Indonesia. Pembangunan karakter yang baik dapat membentuk warga negara yang tangguh, kompetitif, berakhlak mulia, bermoral, dan berbudi luhur. Penerapan ini tentunya tidak terlepas dari nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945.

Dalam membangun karakter bangsa diperlukan suatu proses, di mana suatu bangsa mempersiapkan generasi mudanya. Seperti penerapan pendidikan berkarakter yang bukan sekedar pengajaran. Pendidikan adalah suatu proses di mana suatu bangsa atau negara membina dan mengembangkan kesadaran diri di antara individu-individu untuk bersama membangun bangsa.

Dewasa ini, semakin disadari pentingnya pendidikan karakter dalam upaya pengembangan sumber daya manusia suatu bangsa. Nilai karakter yang dimiliki suatu negara adalah nilai yang digali dari budaya dan karakteristik masyarakat setempat (kearifan lokal). Kemajuan suatu negara juga tidak terlepas dari aspek suatu budaya yang selaras dengan karakteristik masyarakat bangsa itu sendiri.

Budaya yang digali dari kearifan lokal bukanlah penghambat bagi kemajuan di era global, melainkan sebagai filter budaya dan kekuatan bangsa yang luar biasa. Bangsa yang berkarakter adalah bangsa yang mampu bersaing di era global tanpa harus terikat arus globalisasi. Untuk itu, peranan karakter dan budaya bangsa begitu penting bagi perkembangan bangsa dan negara.

Berbicara tentang kearifan lokal, kebudayaan Indonesia dari berbagai daerah tidak kalah dengan budaya-budaya asing. Bahkan negara asing saja ingin mempelajari budaya Indonesia. Untuk itu, seharusnya kita bangga dengan budaya lokal yang diwariskan kepada kita. Dengan keadaan yang seperti ini perlu ditanamkan nilai-nilai nasionalisme kepada para pemuda untuk meningkatkan kecintaan pemuda terhadap kebudayaan lokal.

Pendidikan berkarakter dianggap sebagai suatu alternatif penyelesaian yang bersifat preventif, karena pendidikan membangun generasi baru bangsa yang lebih baik. Sebagai alternatif yang bersifat preventif, pendidikan diharapkan dapat mengembangkan kualitas generasi muda bangsa dalam berbagai aspek yang dapat memperkecil dan mengurangi penyebab berbagai masalah budaya dan karaker bangsa.

Untuk mencapai itu, perlu implementasi ideologi negara (yakni Pancasila) dalam berbagai kebijakan negara. Dengan demikian, kearifan lokal akan efektif berfungsi sebagai senjata—tidak sekadar pusaka—yang membekali masyarakatnya dalam merespons dan menjawab arus zaman.

Facebook Comments

About Anis Soyyati

Seorang mahasiswa tingkat akhir, jurusan Digital Communication yang aktif menulis artikel dibeberapa website. Salah satu dari Baidu Campus Ambassador 2015 dan Duta Damai Dunia Maya BNPT 2016. Seorang yang menyukai design grafis ini tertarik pada sosial media planner dan saat ini sedang merintis bisnis hijab online di instagram @Nizza_Hijab.

Check Also

Bersatulah dan Jangan Bercerai Berai

Islam adalah agama perdamaian… Karena Islam adalah agama yang membawa perdamaian, maka para musuh Islam …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Watch Dragon ball super