Home / Opini / Life & Love / Meningkatkan Semangat Bela Negara dan Jiwa Patriotisme

Meningkatkan Semangat Bela Negara dan Jiwa Patriotisme

ilustrasi patriot Indonesia
ilustrasi patriot Indonesia

Kemerdekaan sekarang ini dapat diartikan sebagai kekebasan tanpa batas atau yang lebih diutamakan adalah kebebasan individu. Namun, kemerdekaan tersebut adalah hasil jerih payah perjuangan seluruh bangsa Indonesia yang sejak dulu kita rasakan. Kita ketahui sendiri bahwa hal ini merupakan sebuah titik sentral kebersamaan yang menjadi pondasi dan kiblat setiap individu sebagai warga negara.

Sejarah perjuangan bangsa ini telah melukiskan bukti nyata bahwa hanya dengan semangat gotong royong, semangat persatuan dan kesatuan, rasa cinta tanah air, dan kesadaran bela negara, serta wawasan mengenai kesatuan bangsa yang seharusnya membuat kita mampu menjaga dan menegakan kemerdekaan NKRI sampai sekarang. Dengan nilai-nilai kebangsaan tersebut, tentunya ada dorongan (motivasi) untuk membuat pelestarian dan mengamalkan pembangunan negara ini dalam mengisi kemerdekaan.

Untuk itu, seluruh warga negara harus mempunyai semangat pembelaan yang tangguh terhadap eksistensi Negara Kesatuan Republik Indonesia, yang disebut sebagai semangat bela negara. Semangat bela negara harus ditanamkan kepada seluruh warga negara secara dini, terpadu dan teruji disemua strata kehidupan dari bangsa Indonesia.

Sekarang ini kita mengamati bahwa rasa naionalisme yang seharusnya tumbuh dan mengakar pada setiap warga negara semakin lama dirasa semakin menurun. Adanya suatu sikap ketidakperdulian dari sebagian warga mengakibatkan ketidakpekaan terhadap berbagai ancaman yang dapat membahayakan stabilitas dan keutuhan negara kita, seperti terorisme.

Ketidak-perdulian ini menggambarkan rasa nasionalisme dan kecintaan terhadap tanah air semakin menipis kalau kita bandingkan perbedaan masa lalu dengan sekarang dalam urusan kecintaan terhadap bangsa, rasanya semakin lama rasa cinta tanah air dalam bangsa ini semakin lama semakin menipis. Memperhatikan masalah menurunnya rasa nasionalisme warga negara tersebut, maka dirasa perlu untuk memberikan solusi pemecahan masalah ini agar dapat mengembalikan rasa dan jiwa nasionalisme warga negara.

Keikutsertaan setiap warga negara dalam bela negara telah digariskan dalam Undang Undang Dasar 1945 pasal 30 UUD 1945, bahwa : “Tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pembelaan negara”. Sebagai jabaran pasal 30 UUD 1945, hak dan kewajiban warga negara telah dituangkan dalam UU No. 3 Tahun. 2002 tentang Undang-Undang Pertahanan Negara. Dengan demikian dalam rangka pertahanan keamanan negara untuk menjamin kelangsungan hidup bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia dan UUD 1945, setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pembelaan negara. Landasan inilah yang menjadi acuan bagi setiap warga negara untuk senantiasa siap berperak aktif dalam bela negara. Untuk itu, maka perlu dipupuk rasa dan semangat nasionalisme setiap warga negara.

 

Dilansir dari berbagai sumber

Facebook Comments

About Anis Soyyati

Seorang mahasiswa tingkat akhir, jurusan Digital Communication yang aktif menulis artikel dibeberapa website. Salah satu dari Baidu Campus Ambassador 2015 dan Duta Damai Dunia Maya BNPT 2016. Seorang yang menyukai design grafis ini tertarik pada sosial media planner dan saat ini sedang merintis bisnis hijab online di instagram @Nizza_Hijab.

Check Also

Bersatulah dan Jangan Bercerai Berai

Islam adalah agama perdamaian… Karena Islam adalah agama yang membawa perdamaian, maka para musuh Islam …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Watch Dragon ball super