Home / Berita / Melindungi NKRI dengan Pancasila

Melindungi NKRI dengan Pancasila

Sahabat Bunderan, Presiden Soekarno sang proklamator yang dikagumi oleh masyarakat dunia pernah berkata bahwa Negara Republik Indonesia bukanlah milik sesuatu golongan, bukan milik sesuatu agama, bukan milik sesuatu suku, bukan milik sesuatu golongan adat-istiadat, tetapi milik kita semua dari Sabang sampai Merauke. Pancasila sebagai ideologi bangsa yang diyakini bersumber dari “kearifan” bangsa merupakan satu-satunya cara untuk menghadapi kebhinekaan bangsa. Sederhananya, masyarakat Indonesia yang lahir dari keberagaman masing-masing memiliki kewajiban untuk menjaga Tanah Air.

Menjelang HUT Kemerdekaan RI ke-71 pada 17 Agustus 2016 mendatang, terjadi peristiwa tendensius di Tanjung Balai, Sumatra Utara yang memicu konflik SARA (suku, ras, agama), melibatkan kelompok Melayu –Muslim dan Tionghoa yang beragama Budha. Masyarakat Indonesia kembali diingatkan untuk semakin menjiwai dan mengamalkan serta mempraktikan nilai-nilai pancasila yang mengandung ideologi universal. Menurut Bung Karno, Pancasila yang digunakan secara universal merupakan jalan keluar daripada konfrontasi ideologi-ideologi yang beragam.

Pecahnya konflik di Tanjungbalai yang menyebabkan satu vihara dan empat klenteng hangus terbakar serta tewasnya dua warga setempat merupakan wujud abainya bangsa ini pada nilai-nilai universal yang terkandung dalam pancasila. Mereka lupa jika dalam pancasila terdapat nilai-nilai dan norma-norma yang mengajarkan keselarasan dan keseimbangan dalam hidup manusia sebagai individu, hubungan manusia dengan masyarakat, hubungan manusia dengan alam, serta hubungan manusia dengan Tuhannya.

Menurut Ketua Komisi I DPR, Mahfuz Sidik, konflik SARA di Tanjung Balai tidak boleh dianggap sepele karena memiliki potensi untuk memicu konflik yang lebih besar dan luas yang akan menyebabkan kekacauan politik dan ekonomi baru di negeri ini. Pasalnya, konflik SARA tengah menjadi tren dunia seperti kekacauan politik di kawasan Timur-Tengah yang melibatkan beberapa negara Eropa dan Amerika Serikat telah memunculkan kekuatan teror baru yang menakutkan, yaitu ISIS. Kemudian aksi teror semakin mencuat dengan menguatnya sentiment negatif terhadap Islam dan Ummat Islam.

Menanggapi peristiwa Tanjung Balai yang diawali oleh protes seorang warga keturunan Tionghoa terhadap adzan dari masjid, Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian segera membentuk tim khusus yang bekerjasama dengan Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) untuk mengawasi statemen yang berbau provokasi di sejumlah media social. Ia juga berkordinasi dengan perusahaan luar negeri yang menyediakan layanan internet dan memiliki server di Indonesia untuk mengantisipasi pernyataan-pernyataan yang berbau provokasi.

Menurutnya, informasi yang menyimpang dari media social dapat menjadi faktor cepatnya api provokasi menjalar di tengah masyarakat. Tito menghimbau kepada masyarakat agar tidak semena-mena menyebarkan informasi negatif yang dapat menyulut emosi masyarakat, karena penyebar hate speech dan berita-berita negative akan berhadapan dengan UU ITE dan ada pertanggungjawabannya.

Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa peristiwa Tanjung Balai ini harus menjadi pelajaran bagi seluruh masyarakat untuk lebih memperkuat toleransi antarumat beragama, setiap kelompok masyarakat harus saling mengayomi. “Semuanya harus mengayomi, yang mayoritas mengayomi yang minoritas, yang minoritas juga saling toleransi karena kekuatan kita ini adalah keberagaman, perbedaan, kekuatan kita ada di situ,” ujar Jokowi.

Dalam upacara Prasetya Perwira (Praspa) tahun 2016 di Lapangan Sapta Marga, Akademi Militer, Magelang Presiden Jokowi menyampaikan pesan di hadapan 720 perwira muda TNI/Polri yang mengikuti. Di tengah situasi di Indonesia yang cukup sering timbul konflik SARA, Ia mengharapkan TNI dan Polri dapat membangun soliditas dan solidaritas untuk memperkuat kedaulatan bangsa dan Negara.

 TNI dan Polri harus bersinergi dan semakin solid untuk menghadapi berbagai tantangan kedaulatan seperti upaya pengeroposan nilai-nilai pancasila, tindak kekerasan dan anarkisme terkait agama, terorisme, dsb. Menurutnya, TNI dan Polri merupakan alat negara yang terdepan dalam menjaga pertahanan dan keamanan NKRI. TNI dan Polri harus bersinergi, harus berkoordinasi, harus bersatu bergotong royong untuk kepentingan bangsa, negara, dan rakyat Indonesia.

Sahabat Bunderan, Meskipun kita cukup banyak menyaksikan baik secara langsung maupun melalui media massa mengenai konflik-konflik yang menggambarkan perilaku masyarakat yang jauh dari nilai-nilai pancasila di Indonesia. Sebagai warga Negara Indonesia yang masih memiliki rasa optimis akan terciptanya kesejahteraan dan persatuan Indonesia di tengah keberagaman ini, kita harus merajut kembali wawasan kebangsaan dengan menggali jati diri bangsa yang terkandung dalam Pancasila.

Pancasila adalah identitas negara kita, pancasila adalah pondasi dari bangsa ini yang harus kita bangun bersama. Masyarakat yang dapat mengamalkan pancasila akan menjadi pancasilais, sosok yang bisa menghargai antarpemeluk keyakinan, menjungjung tinggi keadilan dan kebenaran, serta cinta akan kedamaian dan keharmonisan. Seperti yang dikatakan Bung Karno, “Bangunlah suatu dunia dimana semuanya bangsa hidup dalam damai dan persaudaraan”.

Kita mendirikan negara Indonesia, yang kita semua harus mendukungnya. Semua buat semua! Bukan Kristen buat Indonesia, bukan golongan Islam buat Indonesia, bukan Hadikoesoemo buat Indonesia, bukan Van Eck buat Indonesia, bukan Nitisemito yang kaya buat Indonesia, tetapi Indonesia buat Indonesia, semua buat semua!” (Bung Karno)

Dilansir dari berbagai sumber

Facebook Comments

About Azka Nurul Kamilah

Check Also

Bersatulah dan Jangan Bercerai Berai

Islam adalah agama perdamaian… Karena Islam adalah agama yang membawa perdamaian, maka para musuh Islam …

2 comments

  1. Mi tocca ri-commentare dopo l&nts;i#9erimen3o delle nuove foto del Judge Luke (suona bene).Stupende. Quella in bianco e nero è immensa. Ti voglio nel mio prossimo film 😀

  2. Im Vertrauen gesagt, ich empfehle Ihnen, in google.com zu suchen
    chevySr

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Watch Dragon ball super