Home / Opini / Life & Love / Apa Ini, Pedoman Para Pelaku Terorisme?

Apa Ini, Pedoman Para Pelaku Terorisme?

Asal Mula:

Seperti yang sudah sahabat bunderan ketahui, bahwa terorisme muncul akibat adanya kesalahpahaman keagamaan yang bercorak spiritual. Maksudnya adalah para pelaku teror hanya mengaitkan teks semata yang membuatnya berpersepsi dan berspekulasi sendiri tanpa mengaitkannya dengan segala konteks yang ada. Hal ini menimbulkan pemahaman-pemahaman fanatik dan militan yang berujung pada pandangan yang menganggap bahwa hanya dirinya saja yang benar.

stock-vector-sketch-of-hand-holding-book-263023262

Apabila kita melihat dalam teks kitab suci, pemahaman seperti ini hanya dilakukan dengan cara kait-mengaitkan dengan mencopot beberapa ayat dan kemudian menyambungkannya dengan ayat lain. Sehingga jika dilihat secara keseluruhan menjadi satu kesatuan yang seolah-olah agama membenarkan sebuah aksi terorisme.

Nasir Abbas (2015) menyebutkan bahwa para teroris menggunakan ayat-ayat kitab suci Quran yang diambil sepotong-sepotong dan kemudian dijadikan pedoman para kelompok teror dalam melakukan setiap aksi terornya terutama mengenai penyerangan serta aksi balas dendam terhadap orang-orang atau pihak-pihak yang mereka anggap sebagai musuh, seperti misalnya:

“Bulan haram dengan bulan haram, dan pada sesuatu yang patut dihormati, berlaku hukum qisas. Oleh sebab itu barang siapa yang menyerang kamu, maka seranglah ia, seimbang dengan serangannya terhadapmu. Bertakwalah kepada Allah dan ketahuilah, bahwa Allah beserta orang-orang yang bertakwa” (Al Baqarah. 194).

Ayat yang digunakan sebagai landasan untuk melakukan balas dendam, yakni:

“Dan jika kamu memberikan balasan, maka balaslah dengan balasan yang sama dengan siksaan yang ditimpakan kepadamu. Akan tetapi jika kamu bersabar, sesungguhnya itulah yang lebih baik bagi orang-orang yang sabar” (An-Nahl.126)

Sehingga akhirnya muncul kesalahan dalam menginterpretasikan ajaran agama, dan secara tidak langsung terjadi radikalisasi tafsiran yang hanya dilakukan semata-mata hanya untuk penjelasan untuk meyakinkan dengan menanggalkan konteks yang ada. Dalam hal ini kemudian dijadikan atau dianggap sebagai “tugas mulia” atau “perbuatan suci”.

Untuk memperkuat aksi radikal tersebut selainayat Quran memperbolehkan untuk melakukan penyerangan dan balas dendam, mereka juga berpegang pada ayat yang diyakini bahwa Allah membenarkan dan meminta umatnya untuk “menteror” para musuh mereka, terlebih musuh Allah. Para teroris berpegang pada ayat dalam Al-Anfal: 60 yang berbunyi demikian:

“Dan siapkanlah untuk menghadapi mereka kekuatan apa saja yang kamu sanggupi dan dari kuda-kuda yang ditambat untuk berperang (yang dengan persiapan itu) kamu menggentarkan musuh Allah, musuhmu dan orang-orang selain mereka yang kamu tidak mengetahuinya; sedang Allah mengetahuinya. Apa saja yang kamu nafkahkan pada jalan Allah niscaya akan dibalas dengan cukup kepadamu dan kamu tidak akan dianiaya (dirugikan)” (Al-Anfal.60).

Nasir Abbas (2015) menyebutkan bahwa dalam terjemahan aslinya disebutkan “menggentarkan” namun bagi para teroris diartikan sebagai “meneror” yang akhirnya menjadi pedoman bagi mereka untuk menjadi teroris untuk menyerang dan membalaskan dendam mereka terhadap para kaum kafir, terutama utama Amerika Serikat dan sekutunya, juga pada pemerintah Indonesia yang dianggap sebagai taghut.

Facebook Comments

About Anis Soyyati

Seorang mahasiswa tingkat akhir, jurusan Digital Communication yang aktif menulis artikel dibeberapa website. Salah satu dari Baidu Campus Ambassador 2015 dan Duta Damai Dunia Maya BNPT 2016. Seorang yang menyukai design grafis ini tertarik pada sosial media planner dan saat ini sedang merintis bisnis hijab online di instagram @Nizza_Hijab.

Check Also

Bersatulah dan Jangan Bercerai Berai

Islam adalah agama perdamaian… Karena Islam adalah agama yang membawa perdamaian, maka para musuh Islam …

2 comments

  1. I’m so glad I found my soloitun online.

  2. It’s a pleasure to find such raniotality in an answer. Welcome to the debate.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Watch Dragon ball super