Home / Opini / Yuk Kenalkan, Manfaat Zakat Kepada Anak

Yuk Kenalkan, Manfaat Zakat Kepada Anak

anak bagi zakat

Bukan hanya pemahaman tentang salat dan puasa saja yang harus ditanamkan oleh anak dari sejak dini, ada baiknya orang tua perlu menanamkan pemahaman manfaat zakat bagi anak dari sejak dini. Kenapa orang tua perlu menanamkan manfaat zakat sejak dini? Karena melalui zakat terdapat banyak nilai-nilai kehidupan yang terkandung di dalamnya. Apa saja nilai-nilai yang terkandung, yuk kita simak dan pahami akan nilai-nilai zakat tersebut. Ada pelbagai macam manfaat yang akan diperoleh apabila nilai-nilai pemahaman akan zakat sudah diajarkan sejak dini.

Pertama, melalui zakat kita akan melatih anak menjadi orang yang dermawan dan penuh kasih kepada orang lain dengan sendirinya. Bagaimana bisa seperti itu? Karena pada nilai-nilai dan makna yang terkandung dalam membayar zakat, terdapat rasa kepedulian terhadap sesama. Anak menjadi terbuka pemikirannya, anak menjadi peka akan kehidupan sosial di sekitarnya. Bagaimana nanti dia akan berpikir, oh ternyata apa yang diberikan oleh orangtuaku bermanfaat bagi orang lain. Dengan sendirinya anak menjadi orang yang penuh kasih sayang dan ringan tangan untuk memberi  terhadap orang lain yang membutuhkan.

Kedua, manfaat yang diperoleh  saat menunaikan rukun islam yang ke empat ini juga mengajarkan kepada sang anak bagaimana sang anak mengungkapan rasa syukur kepada Allah SWT akan karunia dan rezeki yang telah diberikan. Anak nantinya akan selalu bersyukur atas rezeki yang dia peroleh. Si anak akan berkembang menjadi manusia dengan akhlak yang baik dan tidak pernah sombong akan pemberian rezeki yang diterima.

Ketiga, anak menjadi pribadi yang disiplin, kenapa hal disiplin yang ditaro di sini? Ya tentu kedisiplinan merupakan kunci untuk menuju kesuksesan kelak. Bagaiman hubungannya antara zakat dengan disiplin. Di dalam ajaran islam kita banyak mengetahui berbagai macam zakat terutama yang wajib dibayar adalah zakat fitrah. Di dalam zakat fitrah tentunya ada batas pembayaran waktunya, hal inilah yang membuat kita secara pribadi menjadi orang yang sesuai dan tepat pada waktunya. Hal itu bisa diajarkan kepada anak bagaimana nilai-nilai tepat waktu bisa hadir ketika kita akan membayar zakat fitrah. Kita ajarkan bagaimana membayar zakat fitrah itu harus di bulan Ramadhan, dan jangan sampai telat.

Keempat, mengajarkan kepada anak hak dan tanggungjawab terhadap manusia. Di dalam zakat fitrah terdapat hak yang harus dibayarkan kepada fakir miskin. Hak-hak itu yang harus diberikan kepada yang membutuhkannya. Jangan sampai hak ini tidak dibayarkan, nanti kelak akan dipertanggungjawabkan. Bukan hanya itu saja, bila dari dini orangtua sudah mengajarkan anak supaya tidak mengerjakan hak dan tanggungjawabnya. Maka kelak anak ketika tumbuh  dewasa akan menjadi anak yang tidak mau bertanggungjawab dan serakah akan harta yang dia punya. Lewat zakatlah kita sebagai orangtua harus mengajarkan bagaimana setiap harta yang diperoleh ada hak fakir miskin. Dan tanggungjawab kita adalah memberikan haknya yang sesuai dengan porsi yang dibutuhkan.

Manfaat yang kelima adalah menumbuhkan sikap saling tolong-menolong kepada sang anak, melalui zakat. Nantinya akan mengajarkan si anak bagaimana sikap anak dapat bersikap tolong-menolong terhadap sesama. Anak menjadi pribadi yang tangguh dan menjadi orang yang peka akan kehidupan sekitarnya. Bila dari dini sudah ditanamkan akan nilai-nilai tolong-menolong kelak nanti dewasa akan menjadi orang yang baik hati terhadap siapa pun tanpa memandang status, derajat maupun agama.

Namun, di luar manfaat besar itu, ada peran besar orang tua di sini. Sudah sebaiknya ketika akan melakukan zakat orang tua mengajak anaknya pergi ke masjid maupun ke amil zakat. Kenapa harus mengajak anak, karena dengan anak melihat proses langsung yang dilakukan oleh orang tuanya, sang anak nantinya anak akan mengikuti orang tuanya. Bagi orang tua jangan segan untuk berdialog dan berdiskusi manfaat zakat tersebut.

Apalagi bila orang tua yang mempunyai anak dengan usia 4-12 tahun proses penyerapan daya ingat akan mudah diserap si anak. Apa yang anak lihat kerap akan diikuti. Di dalam otak anak juga akan terselip memori pengingatan. Sehingga bayangan kelak akan zakat akan terus terpendam di dalam otak bawah sadarnya. Dan anak itu akan menginatnya bahwa zakat itu baik, dan orang memberi atau menunaikan zakat itu jauh lebih baik, karena dengan memberi akan membantu orang lain.

Penulis Syidik Sulistiyanto

Facebook Comments

About Syidik Sulistiyanto

Aktif sebagai Mahasiswa Program Studi Digital Communciation Surya University. Mencintai Indonesia dengan segala keindahannya dan keberagamannya.

Check Also

Kisah Ahli Ibadah bulan Dzulhijjah yang Diziarahi Rasulullah dan Para Sahabat

“Sebab aku memprioritaskan ridha Allah dibanding ridha diriku sendiri dan aku berpuasa pada 10 hari …

One comment

  1. Merci pour avoir mis cette poésie en commentaire. Celles et ceux qui apprécient la poésie chantée peuvent retrouver ce texte dans le disque « Léo Ferré chante Ba;dslaire&nbep;&raquou.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Watch Dragon ball super