Home / Berita / Cegah Terorisme Di Dunia Maya, Ini Pesan Kepala BNPT

Cegah Terorisme Di Dunia Maya, Ini Pesan Kepala BNPT

3

Mencegah meluasnya aksi propaganda terorisme di dunia maya. Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) mempunyai cara jitu tersendiri dalam melawan propaganda terorisme di dunia maya. Cara yang pertama dilakukan oleh BNPT adalah dengan mengajak generasi muda bergerak menyebarkan konten-konten pesan damai yang toleran.

“Ideologi Terorisme dan kelompok radikal pro-kekerasan itu tidak pernah mati kalau ditangkap atau dibunuh, ideologi  mereka akan mati ketika ada ideologi lain yang lebih diterima. Nah, kita harus melawan dengan cara menyebarkan pesan-pesan perdamaian yang toleran dengan menerapkan empat pilar kebangsaan. Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tungga Ika. Pesan-pesan empat pilar itu yang harus disampaikan dan diintensifkan melalui dunia maya,” ungkap Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme, Tito Karnavian, Selasa (14/062016), di Hotel Kartika Chandra, Jakarta.

Cara yang kedua menurut Tito adalah dengan berpegang teguh pada ideologi demokrasi, karena demokrasi di banyak negara cukup sukses. Walaupun banyak dikalangan terorisme menganggap demokrasi buatan manusia. Tapi di sini diharapkan anak muda harus mengangkat bahwa demokrasi itu bisa diterima untuk membawa kemajuan Indonesia.

Tahap selanjutnya adalah dengan cara memoderasi dan melakukan counter narasi terhadap kelompok-kelompok terorisme. Kelompok-kelompok teroris selalu mempunya narasi sendiri.

“Kami bunuh diri dengan ayatnya ini, bla-bla, bla, bla. Kami melakukan hijrah ke suriah ini ayatnya. Nah, ayat-ayat itu dijadikan kelompok teroris sebagai propaganda mereka. Generasi muda harus bisa melakukan counter narasi, dengan memuat konten-konten inspiratif, misalnya Indonesia itu berdiri atas dasar kebhinekaan,” tutur Tito.

Pencegahan yang ketiga adalah dengan mengajak generasi muda untuk dapat melakukan monitor pola komunikasi dari kelompok-kelompok radikalisme. Bila mengetahui ada komunikasi jaringan terorisme di sekitar lingkungannya. Generasi muda dapat  menginformasikan kepada BNPT atau melakukan intervensi terlebih dahulu untuk menetralisir penyebaran terorisme.

Pencegahan yang terakhir adalah dengan menjadi duta perdamaian, generasi muda dapat menjadi agen perdamaian, dan mulai mengajak teman yang lain untuk ikut aksi dalam pencegahan terorisme.

“Kita berharap cara-cara tersebut efektif, dan tindak kejahatan terorisme tidak terjadi lagi. Kita tidak mau ada korban-korban baru yang tidak bersalah di Indonesia yang kita cintai ini,” tegas Tito.

 

Penulis: Syidik Sulistianto

Facebook Comments

About Haydar Al Jufry

"Seorang yang sangat benci dengan gelap. Seorang yang berharap lentera-lentera dapat menyebar ke seluruh penjuru negeri, dan pupuskan kegelapan, Sehingga yang ada hanyalah Kedamaian, dan Cinta Kasih."

Check Also

Dr Dzakir Naik : Indonesia Adalah Negara Damai

Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Zulkifli Hasan menyambut dengan hangat kedatangan penceramah terkenal asal India, …

2 comments

  1. Świetne kartki sercowe z gazetami, bardzo stwl!yeoTortowa natomiast wdaje się smutna w kolorze, choć znam skadś te papiery (z innych blogów?) i wiem, że tak nie jest, pewnie aparat kłamie

  2. Fillany! This is just what I was looking for.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Watch Dragon ball super